Gunung Ijen, Kawah Ijen

Gunung Ijen, Kawah Ijen,

Gunung Ijen, Kawah Ijen

Gunung Ijen, Kawah IjenGunung ijen adalah gunung berapi aktif yang berada di Tiga Kabupaten di Jawa Timur Yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo, Gunung Ijen atau Kawah Ijen mempunya destinasi wisata yang sangat menawan bagi para traveler baik asing dan domestik yakni keindahan sunrise di atas puncak Kawah Ijen dan Blue fire (api abadi).

Blue Fire inilah yang menjadi daya tarik wisatawan sebuah Api Biru yang secara alami muncul dan kami bisa mengatakan keajaiban dunia karena hanya ada di 2 didunia Di Gunung Ijen Banyuwangi dan Negara Islandia.

Menurut mbah Wikipedia Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia.

Gunung ini mempunyai ketinggian 2.443 m dan telah beberapa kali meletus. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak dipuncaknya. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

Kawah Ijen Blue Fire

Gunung Ijen, Kawah Ijen

Gunung Ijen Banyuwangi menjadi fenomena alam yang menakjubkan di dunia yakni Fenomena Api Biru yang hanya bisa anda saksikan satu satnya digunung ijen ini, Saking indahnya fenomena ini bahkan mengalahkan popularitas matahari terbit di Banyuwangi yang disebut sebagai matahari pertama di Jawa.

Tak hanya itu, banyak wisatawan dari berbagai negara rela datang jauh-jauh sekedar untuk melihat penampakan si Api Biru di kawah Ijen.

waktu yang tepat untuk melihat munculnya Api Biru hanya dapat dilihat pada dini hari di Kawah Ijen, yaitu pada pukul 01.00-02.00, sebelum matahari terbit. Puncak momen keindahan Kawah Ijen terletak pada saat matahari sedang berada di belahan bumi lainnya. Warna terang ini berasal dari tingginya suhu yang ada dikawah tersebut.

Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar didunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar. Kawah yang berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan elok.

Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol dan memiliki kedalaman 200 meter. Keasamannya yang sangat kuat dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.

Rute Menuju Gunung Ijen Atau Kawah Ijen

Jika dari surabaya/Malang anda bisa berkendara menuju kawasan Bondowoso dengan jarak tempuh -+4 jam, kemudian menuju sempol dengan durasi 2,5 jam normal melwati kebun kopi dengan kondisi jalan yang menanjak dan berkelok tak jarang ditemui jalan yang kurang bagus

Tiba didesa sempol anda bisa beristirahat sebelum menuju puncak kawah ijen, karena cuaca dan kondisi gunung ijen yang dingin serta nanti menuju kawah Biru ijen bau menyengat belerang akan terasa maka siapkan diri anda dan barang yang bisa membuat anda hangat serta masker tebal karena banu menyengat dari belerang kawah ijen sangatlah berbahaya bagi pernafasan manusia.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus mempromosikan gunung atau kawah ijen ini mulai dari Even Jazz Ijen Banyuwangi hingga Tour de Ijen, dan alhasil sampai sekarang gunung ijen semakin eksis ditataran Wisata Indonesia Khususnya dan di Dunia pada Umumnya dengan bukti banyaknya wisatawan Asing yang berkunjung menuju kawah ijen semakin tahun semakin menambah income dari Wisata Gunung Ijen ini.

itulah sedikit referensi atau sedikit informasi tentang Gunung Ijen atau Kawah Ijen jika anda pergi liburan menuju Gunung Ijen ini Baik pergi sendiri atau dengan jasa Paket Wisata Kawah Ijen mapirlah untuk menyaksikan Sunrise serta View yang ada di Gunung Bromo karena sebelum menuju kawah ijen jika dari surabaya akan melewati Kawasan Gunung bromo Via probolinggo.

Gunung Ijen, Kawah Ijen

Baca Juga Artikel menarik Lainnya:

Paket Wisata Bromo Midnight

Paket Wisata Bromo Bulan Madu

Paket Wisata Bromo Madakaripura

paket Wisata Bromo Rafting

Sewa Jeep Bromo Murah dan Hemat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *